Aplikasi Project Management System Untuk Buka Usaha
Software Manajemen Proyek Online
Terbaik untuk Usaha Kecil
Software manajemen proyek online adalah sumber daya yang hebat untuk waktu-waktu ketika Anda harus berkutat dengan tenggat waktu, sumber daya, dan kiriman-kiriman barang. Penting untuk setiap saat Anda mengelola suatu proyek profesional, yang usaha kecil Anda bergantung kepadanya.
Dengan tipe software ini, Anda bisa memastikan bahwa Anda menjaga agar usaha kecil Anda berjalan secara efisien. Anda tidak akan tertinggal dalam proyek-proyek, kehilangan pelacakan atas tenggat waktu, atau melewatkan berbagai tonggak penting yang kritis. Dengan software online untuk manajemen proyek yang tepat, Anda akan selalu bisa memantau proyek-proyek yang sedang mengantri di daftar Anda.
Terdapat juga manfaat dalam menggunakan daya ungkit cloud dan bekerja dengan software yang mengintegrasikan secara online, seperti bisa bekerja dengan mudah dengan tim Anda dari lokasi manapun. Anda juga bisa mengakses pelacakan proyek Anda melalui berbagai perangkat dengan lebih mudah.
Ada banyak pilihan manajemen proyek di luar sana di web. Tentu saja tidak semuanya dibuat sama, jadi cukup bermanfaat untuk mengetahui perbedaan di antara berbagai software tersebut dan menemukan mana software manajemen proyek online yang terbaik bagi kebutuhan bisnis Anda.
Fitur-Fitur Apa yang Dicari di Software Manajemen Proyek Online
Berikut adalah contoh fitur-fitur
vital yang harus ada di software pilihan Anda:
Berbagi File dan Akses –
kemampuan untuk berbagi file dan akses adalah aspek sentral manajemen
proyek. Semua dokumen proyek harus ada dalam sebuah file terpusat, dan
notifikasinya harus dikirim ke siapa saja yang menjadi bagian dari tim apabila
ada perubahan. Fitur ini harus aman dan memiliki antar muka yang mudah.
Integrasi Email dan Lebih Lagi – Ini juga suatu kebutuhan penting. Sangat membantu bagi kolaborasi di dalam proyek dan tugas-tugas, integrasi email menjawab keharusan orang yang mengerjakan proyek untuk melakukan navigasi antara dua platform yang berbeda ketika mereka sedang berurusan dengan proyek yang sama. Biasanya, Anda mendapati hal-hal seperti pelacakan email, histori, berbagai templat, dan pengingat email dengann fitur ini. Perangkat lunak online manajemen proyek yang benar-benar bagus bahkan akan memungkinkan Anda mengintegrasikan alamat email Anda dengan profil sosial media yang ditautkan ke email tersebut, dan selanjutnya mengonsolidasikan semua jenis komunikasi. Atau mengintegrasikan dengan alat-alat lainnya, seperti Zapier dan sebagainya.
Diagram Visual dan Pelacakan – Inilah bagian yang bermanfaat pada penjadwalan maupun perencanaan ketika Anda butuh untuk memantau berbagai proyek. Memiliki pandangan yang luas terhadap suatu proyek karena adanya timeline visual sungguh membantu. Ada visualisasi sederhana di beberapa perangkat lunak dan juga Gantt Charts di tingkat yang lebih kasar. Secara esensial, ini akan memberikan Anda gambaran apa yang dikerjakan semua orang di proyek pada waktu tertentu, terus memantau pengiriman barang, dan menganalisis sasaran yang direncanakan versus hasil aktual.
Ada fitur-fitur tambahan yang mungkin Anda inginkan di perangkat lunak manajemen proyek online pilihan Anda. Yang terbaik adalah menentukan jangkauan fitur yang dibutuhkan di awal proses, atau membuat catatan tentangnya seiring Anda menggali opsi-opsinya lebih dalam. Berikut adalah beberapa hal untuk dipertimbangkan:
Penagihan – Penagihan harus
sangat terautomasi, sehingga orang di dalam tim tidak perlu khawatir dalam
melacaknya. Biasanya fitur ini juga diintegrasikan dengan fitur pelacak waktu.
Pelacakan Waktu - Ini adalah komponen yang bagus dari software manajemen proyek, pelacakan waktu sangat penting untuk menjaga produktivitas tetap tinggi. Para manajer proyek akan memantau biaya dan memberdayakan para pemegang sahap untuk mengestimasi waktu proyek yang akan datang, merekam waktu yang dihabiskan untuk tiap tugas, dan mencatat apa saja yang telah dicapai dalam waktu yang ditentukan.
Melacak Sumber Daya – Pelacakan sumber daya adalah sarana Anda untuk memantau kapasitas dan ketersediaan khusus semua orang, kamar kosong, atau peralatan yang dibutuhkan untuk menuntaskan berbagai tugas.
Bagaimana Memilih Di Antara Banyak Tawaran Software Manajemen Proyek Online
Ada banyak pilihan yang bisa
dipertimbangkan di antara software manajemen proyek online terbaik. Berikut
adalah hal-hal yang harus dicari ketika mengevaluasi opsi-opsi yang berbeda:
Ukuran dan cakupan proyek-proyek yang berbeda yang akan Anda/tim Anda kerjakan.
- Jumlah orang di tim Anda yang akan mengerjakan proyek tertentu di waktu tertentu.
- Kebutuhan atau ketiadaan akses selular saat bekerja dalam proyek-proyek tim.
- Berapa banyak uang yang Anda siap gunakan untuk software manajemen proyek.
- Apakah Anda atau tim sudah atau belum akrab dengan beberapa tipe perangkat lunak.
- Seberapa nyaman Anda dalam mempelajari penggunaan perangkat lunak manajemen proyek yang baru.
- Lama waktu yang Anda bersedia gunakan untuk sungguh-sungguh mempelajari cara menggunakan software baru tersebut secara optimal.
10 Software Manajemen Proyek
Online Terbaik
Berikut adalah beberapa solusi manajemen proyek online yang bagus yang akan membantu Anda membawa proyek-proyek tersebut maju secara efisien dan tetap melacak kemajuannya. Kami juga menyertakan uraian kekuatan masing-masing, untuk membantu Anda dengan cepat memilih mana yang terbaik untuk bekerja dengan usaha kecil Anda.
1. Asana - Manajemen Proyek
Online yang Efisien
Asana menjanjikan untuk membantu
Anda dan tim Anda melangkah ke depan. Bicara tentang Asana, perangkat lunak ini
memiliki skala yang bagus: digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar dan usaha
kecil hingga organisasi-organisasi non-profit.
Memungkinkan Anda melacak proyek
sejak konsep awal hingga akhir, software manajemen proyek online ini mencakup
fitur-fitur yang kapabel dan desain yang bijaksana, sehingga kelompok kerja
tidak perlu menghabiskan waktu mereka yang berharga untuk menemukan bagaimana
menavigasi antar mukanya.
Asana dikenal akan
fleksibilitasnya, itulah mengapa banyak tim yang suka menggunakannya untuk
melalui tugas-tugas biasa harian terkait pekerjaan mereka. Dengan cara ini Anda
bisa mengendalikan Asana sesuai keinginan Anda, menempatkan Anda pada kendali
atas segala sesuatu dari alur kerja dan informasi hingga catatan detail proyek.
Sarana manajemen proyek yang semakin populer, Podio memungkinkan Anda mengorganisasi tiap sarana komunikasi untuk usaha kecil. Perangkat lunak yang dapat dikustomisasi sangat penting bagi para manajer proyek, itulah mengapa Podio memiliki opsi-opsi personalisasi yang memungkinkan berbagai bisnis menjadikan ini miliknya.
Pikirkan
ini sebagai sarana intranet internal untuk semua anggota tim Anda di berbagai
departemen yang berbeda untuk secara efektif berinteraksi, melacak proyek,
menuntaskan tugas, dan lebih banyak lagi.
Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan pada Podio:
Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan pada Podio:
- Berkomunikasi sebagai suatu tim
- Mengkonfigurasi manajemen tugas
- Memanfaatkan sistem penyimpanan file
- Membuat yang diubah suai (customized)
Jika Anda menginginkan sesuatu yang bisa dipersiapkan dalam waktu singkat, Anda sungguh harus mempertimbangkan Wrike. Tim kerja yang ingin mengerjakan sejumlah besar pekerjaan akan menyukai ruang tak terbatas yang disiapkan untuk begitu banyak proyek. Pelacakan waktu, fitur yang diinginkan, ada di sini, plus integrasi dengan Zapier, solusi automasi aplikasi web.
Aplikasi
ini memberikan kemampuan ubah suai yang bagus, karena pengguna bebas untuk
memodifikasi dasbornya sesuai keinginan. Sebagai contoh, fleksibilitas ini
memungkinkan Anda dan tim Anda mengubahnya jadi manajemen kerja yang lebih umum
dan solusi kolaborasi.
Manfaat lainnya menggunakan Wrike adalah software ini tidak butuh terlalu lama untuk mempelajarinya—suatu platform yang sangat intuitif.
Manfaat lainnya menggunakan Wrike adalah software ini tidak butuh terlalu lama untuk mempelajarinya—suatu platform yang sangat intuitif.
Trello
mengandalkan kesederhanaan dan keterusterangan desain berbasis kartu untuk
memberdayakan tim dan membawa tim untuk mengerjakan tugas dan proyeknya
selangkah lebih maju. Dengan cara ini, salah satu solusi software manajemen
proyek online terbaik menggunakan minimalisme untuk membantu tim dalam
mengorganisasi dan bicara satu sama lain dengan lancar dalam berbagai proyek.
Kami menggunakan sarana ini di Envato Tuts+ untuk merencanakan dan melacak proyek-proyek konten
melalui prduksi.
Perlu
juga disampaikan bahwa aplikasi ini lebih dari sekedar sisi visualnya; jika
Anda menikmati untuk memindahkan kartu-kartu ke kolom-kolom yang berbeda untuk
memperbarui status berbagai proyek dan kolaborasi, Trello adalah yang
benar-benar sesuai untuk Anda. Integrasi Zappier juga ada di sini.
Trello lebih sesuai untuk tim yang proyek-proyeknya lebih pendek atau lebih fleksibel untuk diselesaikan daripada yang butuh waktu berbulan-bulan. Software ini mudah digunakan, jadi Anda bisa mulai bekerja dengannya secepatnya. Untuk lebih banyak tentang Trello, periksa:
Trello lebih sesuai untuk tim yang proyek-proyeknya lebih pendek atau lebih fleksibel untuk diselesaikan daripada yang butuh waktu berbulan-bulan. Software ini mudah digunakan, jadi Anda bisa mulai bekerja dengannya secepatnya. Untuk lebih banyak tentang Trello, periksa:
Melacak dan mengelola sumber daya menjadi lebih mudah dengan Liquid Planner karena fitur-fiturnya yang kaya. Tidak hanya karena ini adalah aplikasi web yang responsif, tetapi juga memiliki antar muka yang hebat dengan fitur drag-and-drop yang langsung ke sasaran. Tidak butuh belajar terlalu banyak untuk bisa menavigasi antar mukanya dengan sukses.
Ada
juga sekisaran kelebihan perangkat lunak ini, karena Anda bisa melakukan lebih
dari sekedar mengelola proyek dari awal hingga akhir dan melacak tenggat waktu
serta pengiriman-pengiriman. Meskipun aplikasi ini cukup mudah digunakan, Anda
juga bisa lebih mendalaminya untuk mendapatkan kapabilitas maksimalnya, yang
bagi sebagian orang butuh waktu untuk terbiasa, tetapi akan terbayar lunas bagi
tim-tim yang memiliki banyak pekerjaan yang mereka ingin kelola dengan lancar.
Basecamp adalah salah satu pilihan paling populer, kalau berurusan dengan solusi online software manajemen proyek, perangkat lunak ini telah merebut hati pasar dalam jumlah yang layak diperhitungkan. Jika ada satu kata untuk menggambarkan pengalaman Basecamp, itu adalah kegunaan. Integrasi selularnya yang jauh melampaui ekspektasi lah yang menjadikannya mungkin.
Bayangkan
Anda bisa mengakses software manajemen proyek Anda melalui mayoritas ponsel
cerdas atau tablet—dan Anda bisa sedikit memahami fungsionalitas Basecamp.
Secara alami, fitur-fitur pemenang ini sangat menarik bagi para pemangku
kepentingan yang tersebar di seluruh dunia.
Dimungkinkannya banyak add-on pihak ketiga adalah alasan lain untuk secara serius mempertimbangkan Basecamp, termasuk juga harganya yang masih terjangkau.
Berikut adalah panduan kami terhadap manajemen proyek di Basecamp.
Dimungkinkannya banyak add-on pihak ketiga adalah alasan lain untuk secara serius mempertimbangkan Basecamp, termasuk juga harganya yang masih terjangkau.
Berikut adalah panduan kami terhadap manajemen proyek di Basecamp.
Menampilkan antar muka pengguna yang bersih dan langsung ke sasaran, Zoho Projects memiliki banyak dukungan untuk waktu-waktu ketika Anda ingin mengintegrasikan aplikasi terkait kerja/produktivitas lainnya, seperti Google Apps. Platform yang kaya fitur ini biasanya mudah dipersiapkan dan mulai digunakan, selain itu juga responsif.
Sekalipun
ada opsi gratis, biasanya Anda tidak diperkenankan mengakses semua fiturnya.
Untuk itu, Anda harus mengeluarkan biaya sekitar $50 per bulan, yang bagi
beberapa orang mungkin sedikit kemahalan. Berita baiknya adalah bahwa opsi
gratisnya memungkinkan Anda menggujinya untuk melihat apakah aplikasi ini bisaa
menangani proyek-proyek tim Anda dengan mudah; dari sana Anda bisa
mengupgrade-nya. Inilah satu-satunya solusi manajemen proyek yang menawarkan
opsi ini.
Kendatipun demikian, Zoho Projects memberdayakan Anda agar fleksibel juga, memungkinkan Anda membesarkan tim Anda seiring pertumbuhan bisnis, ukuran dan
instensitas proyek, dan Anda semakin sukses.
Kendatipun demikian, Zoho Projects memberdayakan Anda agar fleksibel juga, memungkinkan Anda membesarkan tim Anda seiring pertumbuhan bisnis, ukuran dan
instensitas proyek, dan Anda semakin sukses.
Dengan API terbuka, pengaturan chat, kemudahan navigasi, dan sentralisasi manajemen kerja yang komprehensif, Clarizen adalah piihan yang bagus. Yang menjadikannya laris terjual adalah kombinasi manajemen proyek bersama dengan manajemen kerja untuk solusi software yang dibuat untuk usaha kecil yang tumbuh dengan cepat.
Sofware
manajemen proyek online biasanya berpusat pada komunikasi, penjadwalan dan
tugas-tugas, sehingga semua orang tetap pada jalur yang benar untuk melakukan
apa yang seharusnya mereka lakukan. Sarana manajemen kerja melakukan itu juga,
tetapi juga memungkinkan untuk kerja yang tidak memiliki tenggat waktu dan
pengiriman yang spesifik.
Kekuatan besar Clarizen adalah antar mukanya yang mudah digunakan, sehingga kombinasi ambisius antara manajemen proyek dan manajemen kerja lebih berguna, bahkan bagi yang masih baru dalam menggunakan platform ini.
Kekuatan besar Clarizen adalah antar mukanya yang mudah digunakan, sehingga kombinasi ambisius antara manajemen proyek dan manajemen kerja lebih berguna, bahkan bagi yang masih baru dalam menggunakan platform ini.
Teamwork Projects adalah suatu solusi software manajemen proyek online yang mengombinasikan sekisaran harga yang berbeda dengan fitur dan kemanfaatan yang hebat. Cocok untuk tim dan cakupan proyek yang lebih kecil ,
Dalam
mempertahankan daya tariknya terhadap tim yanglebih kecil dan kemudahan
penggunaan platform untuk pengalaman pengguna yang hebat, Teamwork Projects
menampilkan antar muka pengguna yang cukup jelas. Dengan demikian, Anda dan
anggota tim Anda bisa menemukan cara menjelajahi perangkat lunak ini dengan
sangat intuitif, tanpa harus mempelajari banyak hal sebelum menggunakannya atau
sambil jalan.
Solusi perangkat lunak ini datang dengan sejumlah alat untuk mengelola tagihan klien Anda, melacak waktu orang lain yang dimasukkan ke dalam proyek, dan, tentu saja, memantau proyek dan memastikan keberhasilannya sesuai waktunya.
Solusi perangkat lunak ini datang dengan sejumlah alat untuk mengelola tagihan klien Anda, melacak waktu orang lain yang dimasukkan ke dalam proyek, dan, tentu saja, memantau proyek dan memastikan keberhasilannya sesuai waktunya.
Todoist adalah solusi produktivitas populer yang memiliki banyak elemen berbasis kerja tim untuk mendorong proyek berjalan secara efektif. Software ini lebih merupakan sarana manajemen proyek online yang bagus untuk tim-tim yang lebih kecil, menjadikannnya pilihan yang bagus bagi usaha-usaha kecil.
Salah
satu kekuatannya adalah antar muka pengguna yang berbasis penandaan dan sistem
warna yang memudahkan pengorganisasian berbagai proyek dan tugas. Ada juga
fitur chat yang mudah dipakai di antar muka pengguna yang menjadikan komunikasi
mudah dan jelas.
Apa yang disukai dari Todoist adalah begitu mudahnya diakses di berbagai platform di bermacam-macam sistem operasi. Ini menjadikannya pilihan yang dapat diandalkan untuk tim yang bekerja bersama dan tersebar di seluruh dunia.
Apa yang disukai dari Todoist adalah begitu mudahnya diakses di berbagai platform di bermacam-macam sistem operasi. Ini menjadikannya pilihan yang dapat diandalkan untuk tim yang bekerja bersama dan tersebar di seluruh dunia.
Komentar
Posting Komentar